Metode Yadain

    A. Pengertian dan Keunggulan
Kata Yadain menurut bahasa berasal dari kata Yadun artinya tangan, Yadain artinya dua tangan. Sedangkan menurut istilah Metode Tahfidz Quran Yadain adalah suatu cara untuk memudahkan menghafal Al-Quran dengan tujuan untuk mengetahui bunyi ayat Al-Quran, nama surat, terjemah, nomor ayat, nomor halaman, letak kiri kanan, dan letak juz dengan menggunakan bahasa visualisasi kedua tangan.

Allah SWT telah berfirman
Dan Sesungguhnya telah kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, Maka Adakah orang yang mengambil pelajaran? (QS. Al-Qomar 17, 22, 32, dan 40)
Al-Quran itu bisa menjadi mudah bagi siapa saja yang ingin mempelajarinya. Al-Quran dapat dihafal baik oleh balita, anak-anak maupun orang dewasa.
Kesulitan yang dialami para penghafal Al-Quran bukanlah karena Al-Quran itu susah melainkan karena tidak adanya atau kurangnya kesungguhan pelajar untuk mempelajarinya. Ini terbukti dengan intensitas murojaah (mengulang hafalan) yang kurang akan mengakibatkan hafalan menjadi lupa. Artinya bahwa pelajar tersebut ada unsur kesengaajaan meninggalkan pelajaran Al-Quran. Akan tetapi bagi pelajar yang rajin membaca Al-Quran yang pernah dihafal pasti dapat membacanya dengan mudah dan lacar.
Kemudahan mempelajari Al-Quran hanya akan dirasakan oleh mereka yang mempelajarinya. Namun bagi pelajar yang malas belajar maka akan dirasakan sebagai beban.
Diantara sebab-sebab kemalasan menghafal Al-Quran yaitu:
  1. Kurang meyakini pahala yang dijanjikan Allah
  2. Kurangnya kesadaran pentingnya menghafal Al-Quran bagi umat Islam
  3. Ketidaktahuan keutamaan Al-Quran di dunia dan akhirat
  4. Lebih tertarik pada urusan dunia dan mengikuti hawa nafsu
  5. Lemahnya keimanan
  6. Bosan menghafal Al-Quran karena metode pembelajaran yang monoton
Cara mengatasi permasalahan nomor 1 – 5 yaitu dengan cara banyak mengkaji tentang dalil dan hadits yang menyatakan tentang keutamaan Al-Quran disertai dengan keyakinan bahwa Al-Quran adalah wahyu dari Allah SWT. Konsultasilah dengan ustadz Anda supaya mendapat nasihat motivasi yang benar yaitu ikhlas karena Allah atau bacalah buku-buku tentang motivasi menghafal Al-Quran.
Sedangkan untuk mengatasi masalah ke 6 yaitu dengan menggunakan metode interaktif seperti metode yadain yang dibahas pada buku ini.
Beberapa keunggulan metode Tahfidzul Quran Yadain diantaranya:
  1. hafal ayat-ayat Al-Quran;
  2. hafal penomoran ayat;
  3. hafal nomor halaman;
  4. hafal letak kiri-kanan;
  5. hafal 80% kosakata yang diulang-ulang dalam Al-Quran;
  6. teknik terjemah bahasa Indonesia perkalimat dan kata;
  7. mengetahui terjemah bahasa Inggris
  8. hafal tautan kosa-kata;
  9. hafal cara penulisan dan tasrif (perubahan kata);
  10. hafal makiyah dan Madaniyah;
  11. paham tafsir / Asbabun Nuzul secara singkat padat dan jelas;
  12. menguasai kamus visualisasi Metode Yadain;
  13. mampu hafal, paham dan berusaha mengamalkan;
  14. kemampuan Mengaitkan antara kandungan satu ayat dengan kondisi masyarakat masa kini;
  15. mampu mengajarkan Al-Quran pada orang lain khusus lulusan pelatihan Y2 dan Y3.
    B. Kemudahan Tahfidz Al-Quran Metode Yadain
Meskipun Alquran diturunkan dalam bahasa arab, akan tetapi untuk bisa menghafal ayat dan menerjemah Al-quran ternyata jauh lebih mudah daripada mempelajari bahasa Arab, apalagi setelah ditemukannya Metode Yadain maka akan semakin memudahkan.
Berikut ini alasan kemudahan metode Yadain:
  • metode Yadain hafalan menyatu dengan pemahaman
  • penomoran surat dan ayat praktis mudah diingat
  • mudah menerjemahkan ayat dengan visualisasi dalam imajinasi
  • media belajar selalu dibawa kemana-mana (dua tangan)
  • dalam menerjemahkan Al-Quran tidak dibebani grammar/tata bahasa sementara cukup ikuti terjemah perkata
  • Al-Quran sudah banyak diterjemahkan perkata sehingga memudahkan penerjemahan dalam hafalan
  • pencarian asal kata dalam Al-Quran dapat dilakukan dengan metode menghitung huruf menjadi 3 huruf asal
  • tidak menafsirkan ayat sendiri melaikan mengikuti tafsir para ulama yang shahih sehingga terhindar dari kesalahpahaman
  • Al-Quran sudah tersedia indeks pengulangan kata sehingga memudahkan penelusuran makna serupa
  • hafal 300-an kosakata qur'an = bisa menerjemah 50 % Al-Qur'an dan 300 kosakata ini tidak perlu dihafal, hanya dibayangkan saja dengan visualisasi dalam imajinasi, proses menghafal langsung saja pada ayat yang dibaca.
  • tidak perlu mengarang kalimat karena kalimat dalam Al-Quran tidak dapat dirubah sedangkan untuk bisa berkomunikasi dalam bahasa arab, kita harus bisa mengarang kalimat.
    C. Bahasa Visualisasi Yadain
Bahasa Visualisasi Metode Yadain mirip dengan bahasa Isyarat, namun bila Anda mempelajarinya lebih dalam maka akan tampak perbedaan diantara keduanya.
Perbedaan tersebut terjadi karena fungsi yang berbeda. Bahasa Visualisasi metode Yadain dirancang khusus untuk membantu imajinasi sehingga memudahkan pemahaman kosakata terjemah, tadabbur dan penomoran ayat. Sedangkan Bahasa Isyarat tuna rungu/wicara digunakan sebagai alat komunikasi.
Metode Yadain menggunakan kamus Yadain dan ekspresi gerakan tangan bukan berarti menghafal suatu gerakan akan tetapi lebih dari itu setiap gerakan memiliki makna di pikiran bawah sadar/qolbu.
Setiap gerakan metode Yadain memiliki makna yang universal dan filosofi yang mendalam di pikiran bawah sadar. Perlu Anda ketahui bahwa realitas itu terbagi menjadi 2 bagian:
  1. Realitas Eksternal adalah segala bentuk “kenyataan” yang terjadi pada diri dan di luar diri kita. Realitas ini adalah segala fakta yang telah terjadi dan berlangsung di dalam kehidupan kita.
  2. Realitas Internal adalah bentuk-bentuk pemaknaan yang kita lakukan terkait dengan Realitas Eksternal yang terjadi dan visualisasi dalam imajinasi atau rencana yang akan terjadi dimasa yang akan datang.
Kedua realitas ini dapat divisualisasikan dengan metode Yadain sehingga menjadi pemahaman dalam mengkaji Al-Quran. Realitas Eksternal diekspresikan dengan gerakan tangan sedangkan Realitas Internal diekspresikan oleh perasaan dalam qolbu dan pikiran. Kamus bahasa visualisasi kedua tangan terdapat pada e-book yang nanti Insya Allah dapat Anda download beberapa hari lagi.

    D. Kamus Kosakata Al-Quran
Kamus kosakata Al-Quran Metode Yadain diambil dari metode Understand Quran yang disusun oleh Dr. Abdulazeez Abdulraheem dari India. Atas izin dari beliau saya dipersilakan mengutip 80% kosakata Al-Quran ke dalam metode yadain ini.
Kamus Kosakata Visualisasi metode Yadain dapat Anda saksikan pada video Metode Yadain pada blog ini. Sedangkan untuk dapat menguasainya secara utuh, kami sarankan Anda untuk ikut pelatihan minimal program Yadain 1 yang disingkat Y1. (sistem pelatihan akan dijelaskan di bagian berikutnya).